Renungan Minggu Ini

SENIN, 31 DESEMBER 2012 [SBU]

27.11.2012

MENUJU DUNIA BARU [Malam Akhir Tahun] Wahyu 21 : 9 – 27 Langit dan bumi yang ada sekarang ini akan

MINGGU, 30 DESEMBER 2012 [SBU]

BERSORAKLAH: “AMIN, HALELUYA” [Renungan Pagi]

Wahyu 19 : 1 – 5

Kitab Wahyu dltulls pada abad pertama, ketika banyak orang Kristen dianiaya karena percaya kepada Kristus. Melalui tulisan ini, penulis memberi dorongan agar mereka tetap teguh imannya. Sebagian besar kitab ini merupakan penglihatan yang dlkemukakan dengan berbagai simbol. Tetapl yang terpentlng yaitu: melalui Yesus Kristus. Allah akhirnya akan mengalahkan semua musuh-Nya, termasuk iblis. Apabila kemenangan sudah tercapai, Allah akanmemberikan sorga yang baru dan bumi yang baru kepada umat-Nya yang setia.

Oleh sebab itu dalam bagian ini kita mendengar suatu nyanyian puji-pujian di sorga tentang jatuhnya Babel (yang dimaksud adalah Roma). Menurut seorang penafsir, Prof. W. Hadom, nyanyian-nyanyian pujian dalam kitab Wahyu ini bukan hanya merupakan "hiasan" tetapi harus dianggap sebagai titik-titik puncak dari kitab Wahyu. Nyanyian-nyanyian itu di satu sisi memuji Allah tetapi disisi lain juga merupakan "penghiburan" bagi orang-orang percaya (Gereja) pada masa itu yang sedang berjuang alas berbagai penindasan. Ada harapan dan kemenangan di masa yang akan datang.

Dengan tindakan Allah, Roma yang menjadi tempat pembantaian orang-orang Kristen oleh kaisar-kaisarnya yang kejam dan antikristen, diubah menjadi pusat kekristenan di seluruh dunia.

Seluruh perbuatan Allah itu begitu dahsyat sehingga layak dipuji. Baik itu berkaitan dengan berkat-berkat-Nya maupun menyangkut hukuman-hukuman-Nya. Pemerintahan Roma dikiaskan sebagai "pelacur besar" yang menjadi pusat penyembahan berhala dan telah men elan ribuan orang Kristen dan para martir yang menjadi korban kekejaman sehingga mati syahid.

Di hari yang kelima setelah Natal ini, marilah kita juga ikut bersorak: "Amin, Haleluya!" Karena kasih-Nya ajaib sehingga la telah mengaruniakan Putera Tunggal-Nya, Yesus Kristus untuk menjadi Juruselamat dunia. Melalui Yesus Kristus, Putera Natal inilah kita diberi kekuatan menghadapi berbagai tantangan dalam hidup. Jadi, kemenangan yang kita peroleh di dalam Kristus mengandung dua makna : menang atas segala kuasa yang ada di dalam kehidupan di dunia ini dan juga menang alas kuasa penghakiman yang terakhir nanti, sebab la telah menyediakan tempat bagi kita di rumah Bapa di sorga.

Doa: (Ya Tuhan, kuatkan iman kami sampai hari kedatangan-Mu)

 

 

PERJAMUAN KAWIN ANAK DOMBA [Renungan Malam]

Wahyu 19 : 6 – 10

Rasul Yohanes menggambarkan mereka yang telah menang atas pergumulan hidup duniawi disambut dengan pesta meriah untuk hidup kekal bersama Tuhan di sorga. Kehadiran mereka dl' sorga adalah sepertl pengantin perempuan yang disambut oleh pengantin laki-laki yaitu Kristus. Mereka duduk semeja hidangan dan makan bersama Kristus, Pakaian pesta pengantin perempuan (= orang-orang kudus) dari lenan halus yang berkilauan dan putih bersih, Dirajut dari bahan khusus yaitu perbuatan-perbuatan mereka sendiri yang berkenan di hati Tuhan (ay. 8), Tanpa busana itu mereka binasa di hadapan Tuhan yang Mahasuci dan Mahakuasa. Berarti, yang berdosa tidak akan mungkin berada di situ.

Pernyataan Tuhan itu diperlihatkan kepadanya untuk diteruskan kepada umat-Nya di segala zaman. Gambaran masa depan yang pasti dan penuh bahagia itu hendaknya menjadi pegangan dan acuan saat kita menghadapi penderitaan. Tetaplah setia beriman dalam ketaatan kepada Tuhan Yesus. Teguhkanlah hati dalam perjuangan kudus melawan anti Kristus yang dikendalikan iblis. Tuhan selalu berada di tengah perjuangan orang-orang percaya untuk memberikan perlindungan dan kemenangan,

Waspadalah atas bujuk rayu iblis yang bisa mengubah penderitaan menjadi suatu kenikmatan dunia untuk menjatuhkan orang percaya. Kuasa, harta, pacar, isteri, seks dan sebagainya dijadikannya sarana perangkapnya bagi orang percaya.

Berserahlah kepada Tuhan melalui doa dan peganglah firman-Nya setiap saat, kita pun dimampukan melawan iblis dan memperoleh kemenangan. Tahun yang baru akan segera kita jelang, Jalanilah dalam kesetiaan beriman kepada Yesus Kristus,

Doa: (Untuk pergumulan gereja dan pribadi dalam tekanan dalam bentuk apapun)

Artikel Terbaru

MINGGU ADVENT

03.12.2012

PENJELASAN TENTANG SIMBOL IBADAH SESUAI DENGAN TAHUN GEREJA ADVENT artinya 'kedatangan'. Istilah in

Event Terbaru

KECERIAAN PERAYAAN PASKAH - 8 APRIL 2012

25.04.2012

PERAYAAN PASKAH 2012 - KAMPUNG AER